Macam – macam jenis lensa DSLR

 Lensa kamera merupakan bagian terpenting dari sebuah kamera karena lensa kamera memiliki peran dalam mengatur cahaya dan menentukan kualitas gambar yang dihasilkan.

Terdapat berbagai macam jenis kamera yang memiliki peruntukkannya masing-masing. Pemilihan lensa kamera yang tepat dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik.

Sebaliknya, pemilihan lensa kamera yang tidak tepat, akan membuat kualitas gambar menjadi tidak baik.

Berikut Macam – macam jenis lensa :


  • Zoom Lens memiliki rentang fokus yang berbeda yang bisa diatur sesuai keinginan kita. Kelebihan Zoom Lens ialah fleksibelitasnya yaitu dengan satu buah lensa kita bisa mendapatkan focal length / panjang fokal yang bervariasi maupun sudut lensa yang bervariasi sehingga kita tidak direpotkan dengan seringnya pindah posisi. Sedangkan kelemahannya adalah ukurannya yang lebih besar dan lebih berat serta dan kualitas ketajaman gambar yang dihasilkan masih dibawah Prime Lens.

     


  • Non zoom lens memiliki focal length / panjang fokal tetap, sehingga subyek foto tidak dapat diperbesar atau diperkecil. Kita harus berpindah posisi jika akan mengatur besar kecilnya obyek maupun sudut pandangnya.



Jenis-jenis lensa sebagai berikut:


1) Kit Lens/standar



Lensa standar dapat menghasilkan sebuah gambar yang seluruhnya mirip dengan apa yang kita lihat secara normal. Lensa standar 50mm pada umumnya digunakan pada kamera SLR 35 mm.

Lensa standar pada umumnya memiliki lebar aperture yang maksimal sehingga membuatnya dapat digunakan dalam situasi dengan pencahayaan yang rendah.

2) Fix Lens



Lensa fixed adalah lensa yang tidak memiliki elemen yang bergerak, fokal length yang tetap, dan aperture yang tetap. Salah satu keunggulan utama dari lensa fixed ini adalah hasil fotonya yang terlihat tajam. Bentuk fisiknya yang ringkas memudahkan lensa fixed untuk digunakan dalam situasi apapun seperti portrait, landscape, dan lainnya.

3) Wide Lens



Lensa sudut lebar atau yang sering disebut juga dengan lensa wide angle adalah salah satu jenis lensa pada kamera yang memiliki makna lebar. Artinya bisa mencakup sudut gambar yang luas sehingga lensa ini bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto. Lensa ini sangat cocok untuk foto landscape.

4)Tele Lens dan Macro

a) Tele



Lensa tele secara teknis memiliki ukuran sekitar 70mm bahkan lebih. Lensa ini menghasilkan distorsi paling kecil sehingga menjadikannya pilihan yang paling bagus untuk foto portrait. Lensa tele sangat berguna ketika anda berada pada situasi dimana anda tidak bisa berada dekat dengan subjek anda, misalnya kehidupan alam liar dan olahraga.

b) Macro



Lensa makro digunakan untuk membuat gambar close-up yang ekstrim, biasanya dari benda-benda yang sangat kecil, seperti bungan dan serangga. Lensa makro sendiri dapat menghasilkan foto dengan ukuran skala yang lebih besar dari ukuran yang sebenarnya. Lensa ini juga memungkinkan anda untuk lebih dekat dengan subjek anda dari pada lensa biasa sambil tetap mempertahankan fokus yang tajam.


++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Jika kita sudah memahami jenis-jenis lensa DSLR tersebut diatas, kita akan dengan sendirinya mengetahui lensa mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Bokeh dan Blur

Cara mematikan windows update pada windows 10